Perpusdes Kolai Mengadakan Kursus Komputer Gratis

Sejak bergabung dengan program PerpuSeru pada tahun 2016, Perpustakaan Desa Gerbang Ilmu Kolai membuka kesempatan masyarakat belajar TIK secara non formal. Perpusdes Kolai baru-baru ini mengadakan Kursus Komputer dan Internet Gratis. Pelaksanaan kegiatan kursus ini difasilitasi oleh KPA-PDE yang bekerjasama dengan Lembaga Kursus Komputer Bambapuang. Secara resmi kursus ini dibuka oleh Kantor Perpustakaan Arsip dan PDE Kabupaten Enrekang pada tanggal 21 September 2016. Jumlah peserta yang ikut dalam kursus ini sebanyak 23 orang. Peserta berasal dari ibu PKK, pelajar SLTP dan SLTA di desa Kolai.

kursus-kolai

Pak Bambang sedang melatih peserta Kursus Komputer

Kursus ini dipandu oleh Pak Bambang H, S.Kom, M.Si selaku trainer dari Lembaga Kursus Komputer Bambapuang. Hingga pertemuan yang kedelapan ini, ia telah mengajarkan peserta mengenalkan Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint. Selanjutnya, peserta juga mendapatkan materi internet dasar seperti tata cara membuat email dan melakukan penelusuran informasi. Dengan program ini masyarakat pun terbantu menguasai teknologi informasi. Hal ini telah di rasakan oleh para peserta yang ikut dalam kursus komputer.

Firna Sarah (14) siswi MTs Negeri Baraka telah mengetahui cara menggunakan Microsoft Office (word dan excel), membuka dan mengirim email. Firna Sarah juga menjadikan perpustakaan sebagai tempat belajar. “Saya juga sering mencari tugas-tugas sekolah di perpustakaan dengan browsing internet, sehingga saya tidak lagi harus meminjam modem ke orang lain”, tutur Firna Sarah.

perpus-kolai

Peserta kursus sedang belajar membuat email

Sementara Bu Asni (35), guru MTs Muhammadiyah Malua, yang juga ikut dalam kursus komputer telah memanfaatkan internet di perpustakaan dengan mengunduh aplikasi-aplikasi pembelajaran. Sebagai guru ia memang membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk digunakannya dalam mengajar, sehingga siswa tidak merasa bosan. Adanya kursus komputer yang diselenggarakan Perpusdes, turut membantunya menguasai komputer dasar.

kolai kursus-internet

Pada minggu ini, kursus komputer gratis memasuki pertemuan terakhir. Setelahnya, peserta yang telah ikut kursus akan diberikan sertifikat. Dan tentu saja para peserta diharapkan untuk terus mengembangkan kemampuannya melalui fasilitas komputer dan internet yang dimiliki perpusdes, termasuk menelusur informasi dan membaca buku.

Dilaporkan oleh Muslimah

Editor : Tim FP PerpuSeru Enrekang

 

Tinggalkan komentar