Perpusdes Pattondonsalu Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan

Pada akhir tahun ini (5 Desember 2016), Desa Pattondonsalu menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan tema “Untuk Hidup yang Lebih Produktif”. Sosialisasi ini diikuti 35 orang yang terdiri dari anggota Kelompok Wanita Tani Melati, pengelola perpustakaan desa, dan aparat desa. Adapun narasumbernya yaitu petugas PPL Desa Pattondonsalu.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Desa Pattondosalu, mengingat ruang Perpusdes Sumber Ilmu Pattondon Salu belum memadai untuk menampung jumlah peserta. Lokasinya bersampingan dengan Perpusdes. Sosialisasi berlangsung selama satu jam, dimulai pukul 09.00 sampai pada 10.00 Wita.

peserta-sosialissi

Peserta Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan mendengarkan narasumber

Dalam kesempatan ini, para peserta terlibat aktif berdiskusi seputar cara pengolahan lahan pekarangan dan cara budidaya tanaman sayur dan tanaman herbal. Sebagai pelaksana kegiatan, Perpusdes Sumber Ilmu Pattondonsalu juga membuka layanan pustaka dengan menyediakan bacaan tanaman herbal dan sayuran di lokasi kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat menambah pengetahuan dan wawasan tentang tanaman melalui buku.

Selain itu, layanan tersebut sebagai bentuk promosi koleksi baru perpustakaan desa. Ada 500 eksmplar buku baru yang saat ini tersedia di perpusdes . Tidak hanya membaca buku, perpusdes Pattondonsalu juga mengajak masyarakat memanfaatkan layanan komputer dan internet.

layanan-koleksi

Layanan Pustaka oleh Perpusdes di acara Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan

Rencananya setelah sosialisasi ini, kegiatan selanjutnya adalah pengolahan lahan dan penanaman bibit sayur maupun tanaman herbal oleh masing-masing peserta. Sesuai dengan temanya “Untuk Hidup yang Produktif, maka harapannya ialah masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan sebagai lahanyang menghasilkan atau produktif, minimal untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga. Peserta akan didampingi oleh petugas PPL Desa Pattondonsalu.

Dilaporkan oleh Maryam

Editor Tim FP PerpuSeru Enrekang

Tinggalkan komentar